Perbedaan Cerpen Mini, Ideal, dan Panjang



            Oke guys.. kali ini saya akan membahas tuntas tentang C E R P E N. Yaps, cerita pendek, kita tentu udah sering belajar tentang ini, baik itu saat SD, SMP, atau SMA betul kan? Nah berikut penjelasan tentang cerpen*

A.    Pengertian Cerpen

Cerita pendek atau sering disingkat sebagai cerpen adalah suatu bentuk prosa naratif fiktif. Cerita pendek cenderung padat dan langsung pada tujuannya dibandingkan karya-karya fiksi lain yang lebih panjang, seperti novela (dalam pengertian modern) dan novel.

B.     Klasifikasi dalam Cerpen

Menurut Nurgiyantoro (1995:9), cerpen yang dalam bahasa Inggris disebut _short story_  adalah cerita yang lebih pendek daripada  _novelette_  (novelet). Walaupun pendek, panjang cerpen bervariasi. Cerpen yang pendek ( _short story/flash story_ ) berkisar 500-an kata, cerpen yang panjang cukupan  ( _middle short story_ ), dan cerpen yang panjang ( _long short story_ ).

C.     Perbedaan Cerpen dengan Karya Fiksi Lainnya

Menurut Edgar Allan Poe—seorang sastrawan kenamaan Amerika—cerpen adalah sebuah cerita yang selesai di-baca dalam sekali duduk, kira-kira berkisar antara setengah sampai dua jam. Adapun perbedaan cerpen dengan karya fiksi lainnya, yaitu:
  • Bentuknya yang pendek.
  • Cerpen menuntut penceritaan yang serba ringkas. Tidak bertele-tele.
  • Cerpen tidak sampai memuat detil-detil khusus yang _kurang penting_ yang lebih bersifat memperpanjang dan mengutak-atik alur cerita.
  • Cerpen memiliki kelebihan yang khas, yaitu kemampuannya mengemukakan lebih banyak dari sekadar apa yang diceritakan
Membaca cerpen tidak menuntut pembaca memahami masalah yang kompleks dalam bentuk dan waktu yang sedikit.

D.    Ciri Khas Cerpen
Cerita pendek cenderung kurang kompleks dibandingkan dengan novel. Cerita pendek biasanya memusatkan perhatian pada satu kejadian, mempunyai satu plot, setting yang tunggal, jumlah tokoh yang terbatas, mencakup jangka waktu yang singkat.

E.     Unsur Pembangun Cerpen
Cerpen dibangun dengan dua unsur yaitu intrinsik dan ekstrinsik.  *Unsur intrinsik cerpen* meliputi tema dan amanat, penokohan dan perwatakan, latar penceritaan, plot atau alur, gaya bahasa, dan sudut pandang (point of view). Untuk unsur yang terakhir ini Rahmanto (1997:2.4) menyebutnya dengan istilah pusat pengisahan.

F.      Unsur ekstrinsik cerpen
Adalah unsur-unsur pembentuk cerpen yang berada pada luar cerpen. Nilai ekstrinsik cerpen tidak dapat dipisahkan dari kondisi masyarakat pada saat cerpen tersebut ditulis dan juga dipengaruhi oleh karakter seorang penulisnya.

Berikut Contoh Cerpen Mini, Cerpen Ideal, dan Cerpen Panjang yang  diambil di kurikulum-pendidikan1.blogspot.com/2017/10/contoh-cerpen-mini-ideal-panjang-lengkap.html

1.      Cerpen Mini

Judul               : Ingin Berubah

Penulis             : Sofie


Cerpen ini bertokohkan Andre Bastian, Seorang berandalan akut yang selalu bermaksiat setiap harinya. Dia tidak pernah absen untuk judi, merampok, menjambret, bahkan bermain dengan perempuan. Andre Anak sebatang kara, Ayah ibunya meninggal karena kecelakaan. Faktor inilah yang membuat Andre seperti ini, kurangnya kasih sayang orang tua serta kekayaan warisan yang dikonsumsinya sendiri.

Namun suatu hari Andre bertemu dengan gadis sholehah yang pulang dari pasar. Aini namanya. Andre sangat terpesona dengan gadis itu, sampai-sampai ia mengendap-ngendap untuk membuntuti Aini. Gadis itu telah merubahnya untuk lebih baik lagi, mulai dari perilaku buruknya yang ia tinggalkan, penampilannya yang ia rubah 180 derajat, dan Ibadah Andre yang sangat jarang.


2.      Cerpen Ideal

Judul               : My Last Love

Penulis             : Agnes Davonar


Cerpen ini berkisah tentang 2 orang manusia yang alur cerita cintanya dipertemukan dengan cara yang indah oleh Allah. Martin, Seorang anak orang kaya yang suka berfoya-foya menghamburkan kekayaan. Tak jarang kekayaannya itu dipakai untuk menyewa perempuan. Angel, seorang gadis yang malam itu sebentar lagi akan dilamar oleh kekasihnya.

            Saat itu, Martin sedang menyewa perempuan di dalam mobilnya, ia lalai dan langsung menabrak seorang gadis yang memakai vespa, ialah Angel. Angel saat itu hendak pergi ke taman untuk dilamar oleh kekasihnya, namun naas, ia malah ditabrak oleh Martin hingga kedua kakinya lumpuh.


3.      Cerpen Panjang

Judul               : Pudarnya pesona Cleopatra

Penulis             : Kang Abik

Penerbit           : Republika

Tahun Terbit    : 2005

            Cerita ini dikhususkan untuk orang-orang yang menganggap kecantikan itu adalah segalanya. Cerpen ini mengisahkan tentang seorang laki-laki (tokoh utama) yang menikahi seorang gadis bernama Raihana. Raihana digambarkan sebagai seorang yang cantik, berjilbab rapi, dan tentunya seorang Hafidzah Al Qur’an. Bahtera rumah tangga mereka sangat buruk, itu dikarenakan si Pria menikahi Raihana tidak didasari dengan cinta, namun hanya sekedar berbakti kepada orang tua.

            Si Pria sangat tergila-gila oleh kecantikan perempuan Mesir yang konon katanya titisan Cleopatra. Kulit putihnya, Hidung mancung yang melengkung indah, juga lesung pipinya yang membuat siapa saja tersihir oleh gadis mesir. Bahkan katanya, jika ada 3 orang gadis mesir, maka yang cantiknya ada 6. 3 untuk gadis mesirnya, 3 lagi untuk bayangannya.

            Namun begitu, Raihana tetap istri yang sholehah, ia tetap terus tahajud berdoa kepada Allah untuk keselamatan suaminya. Hingga akhirnya, si Pria berubah 180 derajat. Namun tiada yang tahu bahwa benih cinta tak selamanya berdamai dengan perpisahan.





*dikaji saat kelas online WhatsApp Madrasah Pena





Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Islam di Andalusia

A.     Proses Masuknya Islam ke Andalusia Pemerintahan Islam yang pertama kali menduduki Spanyol adalah Khalifah dari Bani Umayyah ya...

Popular Posts

Label

Recent Posts