Kenapa kita sering lupa? ini jawabannya !!






اِقۡرَاۡ وَرَبُّكَ الۡاَكۡرَمُۙ‏الَّذِىۡ عَلَّمَ بِالۡقَلَمِۙ عَلَّمَ الۡاِنۡسَانَ مَا لَمۡ يَعۡلَمۡؕ

“ Bacalah dan Tuhanmulah yang maha Pemurah. Yang mengajari manusia dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya”
Bismillah…
Mungkin anda pernah merasa tersiksa hafalan yang pernah anda hafal secara tiba-tiba lupa justru ketika anda membutuhkannya. Sebaliknya ketika anda tidak membutuhkannya justru anda mengingat hafalan tersebut. Nah, itulah yang dinamakan lupa.
Kenapa kita bisa melupakan sesuatu? Eric Jensen dan Karen Markowiz menjawabnya secara cerdas dalam bukunya, Sejuta Gigabyte : Buku Pintar Membangun Ingatan Super. Menurut mereka, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kita melupakan sesuatu
1.       Menganggap sesuatu itu tidak penting
2.       Ada gangguan baik dari diri kita sendiri ataupun dari luar
3.       Ada kerusakan dalam saraf otak kita
4.       Adanya tekanan
5.       Kita sedang dalam keadaan stress
6.       Kita melupakan petunjuk untuk menampilkan kembali ingatan
7.       Kita mengalami ganguan fisik
Nah, Setelah anda membaca beberapa faktor yang dapat menyebabkan anda bisa lupa akan sesuatu.
Insya Allah, saya yakin anda bisa introspeksi, memperhatikan, menelisik, serta menakar diri,  kenapa anda bisa lupa dan “bagaimana” anda bisa mengatasinya. Jika tidak anda tidak perlu waswas, saya akan paparkan kiat-kiat agar kita tidak lupa.
Pernahkah anda berfikir bahwa anda terlahir sebagai  orang yang memiliki kemampuan berfikir dan daya ingat  terburuk sedunia? Saya harap anda buang jauh-jauh pemikiran seperti itu. Karena apa? Karena Allah SWT telah memberikan anda dan manusia lainnya untuk memiliki kapasitas penyimpanan ingatan sampai 180 quintillion bit (280.000.000.000.000.000.000).
Oleh karena itu jangan pandang remeh kemampuan otak anda ! apabila anda lupa, bukan berarti kemampuan otak anda lemah tapi mungkin karena anda jarang melatih otak anda sendiri.
Berikut ada beberapa kiat sederhana nan praktis yang dapat segera dilakukan anda jika anda ingin melipat gandakan daya ingat anda. Saya namakan kiat DASI.
1.       Desire (hasrat)
Hasrat mendalam akan memudahkan anda mengenali kata kunci untuk menampilkan kembali ingatan itu. Mantan presiden kita semua alias Gus Dur, konon dapat mengingat dengan baik 100 nomor telepon koleganya. Bukan karena ingatannya yang Amazing. Tetapi  beliau mampu menanamkan hasrat untuk mengingat sesuatu dan mengetahui cara untuk memanggil kembali ingatan itu ketika beliau membutuhkannya.
2.       Attention (Perhatian)
Perhatikan secara baik-baik apa yang anda sedang pelajari. Pilih dan telisiklah bagian mana yang ingin anda ingat. Coba juga perhatikan  hal apa yang bisa membuat anda ingat akan hal tersebut, seperti singkatan atau kata-kata unik yang ada pada pelajaran itu, agar suatu saat ketika anda membutuhkannya anda tinggal mengingat kata-kata yang unik tadi.
3.       Spirit (semangat)
Kita tentu butuh semanagat untuk sering melatih dan membiasakan diri menampilkan kembali ingatan yang dibutuhkan.
4.       Interest (Minat)
Pikiran latar positif akan menumbuhkan minat dan mengembangkan kualitas daya ingat anda.
                Itulah beberapa kiat-kiat yang bisa anda lakukan untuk mempertajam ingatan anda.
 Anda perlu tahu bahwa banyak sekali cara-cara unik yang dilakukan orang lain untuk mengingat sesuatu, selain dari  beberapa kiat-kiat yang telah saya paparkan tadi, oleh karena itu CARILAH!! TELISIKLAH!! Cara anda mengingat sesuatu..
Akhirul kalam Alhamdulillahi robbil ‘Alamin…
Wallahu a’lam bishawab…
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Islam di Andalusia

A.     Proses Masuknya Islam ke Andalusia Pemerintahan Islam yang pertama kali menduduki Spanyol adalah Khalifah dari Bani Umayyah ya...

Popular Posts

Label

Recent Posts